(+62) 812 8882 1658

Blog Details

Cara Menulis Artikel dan Contohnya Lengkap

Cara Menulis Artikel dan Contohnya Lengkap

Cara Menulis Artikel dan Contohnya Lengkap – Artikel adalah bentuk tulisan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, opini, atau pandangan kepada pembaca. Artikel dapat ditemukan di media cetak maupun online, dan dapat dibuat mengenai berbagai topik dan tema (Website / Blog). Dalam membuat artikel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa artikel tersebut berkualitas dan menarik bagi pembaca.

Langkah Membuat Artikel

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat artikel:

  • Tentukan Topik dan Tujuan

    Sebelum memulai menulis, pastikan bahwa kamu sudah memiliki topik yang jelas dan tujuan dari membuat artikel tersebut. Misalnya, jika kamu ingin membuat artikel tentang cara memasak, pastikan bahwa topik tersebut sangat spesifik, seperti “Cara Memasak Nasi Goreng” atau “Resep Membuat Sate Ayam”.

  • Kumpulkan Informasi

    Setelah memiliki topik yang jelas, selanjutnya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik tersebut. Kamu bisa mencari informasi dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, artikel online, atau bahkan dari ahli di bidang tersebut. Pastikan bahwa informasi yang kamu kumpulkan akurat dan terpercaya.

  • Buat Outline

    Setelah mengumpulkan informasi, selanjutnya buat outline untuk membantu memperjelas struktur artikel. Outline ini bisa berisi poin-poin utama yang ingin kamu sampaikan dalam artikel, serta urutan penulisan setiap bagian.

  • Tulis Artikel

    Sebelum mulai menulis artikel, pastikan bahwa kamu sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana artikel tersebut akan terlihat. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan pastikan bahwa setiap bagian dalam artikel memiliki alur yang jelas.

  • Edit dan Revisi

    Setelah selesai menulis, selanjutnya adalah tahap editing dan revisi. Pastikan bahwa artikel tersebut sudah benar dari segi tata bahasa, ejaan, dan tata letak. Jika perlu, perbaiki bagian-bagian yang kurang jelas atau kurang memuaskan.

Cara Menulis Artikel dan Contohnya Lengkap
Cara Menulis Artikel dan Contohnya Lengkap

 

Cara Menulis Artikel

Struktur penulisan yang baik dalam artikel adalah penting untuk memastikan bahwa materi artikel tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Berikut adalah beberapa bagian yang biasanya terdapat dalam struktur penulisan yang baik:

  • Judul:

    bagian ini harus menarik dan menggambarkan isi artikel secara jelas.

  • Pendahuluan:

    bagian ini harus memperkenalkan topik artikel dan memberikan latar belakang informasi yang penting.

  • Paragraf-paragraf isi:

    bagian ini harus menyajikan informasi yang rinci dan jelas tentang topik artikel. Setiap paragraf harus memiliki satu ide utama dan mengarah ke ide utama berikutnya.

  • Subjudul:

    bagian ini dapat digunakan untuk membagi paragraf-paragraf isi menjadi bagian yang lebih teratur dan mudah dipahami.

  • Penutup:

    bagian ini harus menyimpulkan semua informasi yang disajikan dalam artikel dan membantu pembaca memahami ide utama artikel secara keseluruhan.

  • Daftar pustaka:

    bagian ini harus mencantumkan semua sumber yang digunakan dalam penulisan artikel, seperti buku, jurnal, atau situs web.

  • Lampiran:

    bagian ini dapat berisi gambar, tabel, atau bahan tambahan yang membantu memahami isi artikel.

” Baca Juga Info: 5 Tips Metode Serta Contoh Konten Marketing Yang Menarik ”

Penutup

Itulah struktur penulisan yang baik dalam artikel. Pastikan untuk menggunakan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta memastikan bahwa semua informasi yang disajikan akurat dan dapat diverifikasi.

Demikian langkah, cara dan contoh cara membuat artikel yang baik dan benar. Dibutuhkan banyak latihan dan kebiasaan, karena menulis bukanlah keterampilan dalam semalam. Jadi, jangan pernah berhenti belajar. Temukan juga insight baru dan trik seru lainnya di Memarak!

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

× Chat Whatsapp